Selasa, 15 Agustus 2017

RPP kurtilas K13 revisi terbaru sejarah indonesia kelas X SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :      SMA N 14 BANDAR LAMPUNG
            Mata Pelajaran                :      Sejarah
            Kelas / Semester             :      X/1
Pokok Bahasan               :      Berpikir Sejarah secara Kronolgi, Diakronik dan Sinkronik
             Alokasi Waktu                :      2 x 45 (2 x pertemuan)
                                                                                         

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan pengamatan, kajian pustaka dan diskusi dengan mengembangkan sikap toleransi, jujur dan bertanggungjawab, siswa diharapkan dapat mempresentasikan hasil diskusi tentang penerapan  konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah
B.       Kompetensi Inti :
                             
KI 1 dan 2
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkanajaran agamayang dianutnya”. Kompetensi Sikap Sosialyaitu, “Menunjukkanperilakujujur,disiplin,tanggung jawab, peduli (gotongroyong,kerjasama,toleran, damai),santun, responsif, dan pro-aktif sebagaibagian dari solusi atas berbagaipermasalahan dalam berinteraksisecaraefektif dengan lingkungansosialdanalam serta menempatkan diri sebagaicerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. 
KI 3
KOMPETENSI INTI PENGETAHUAN

KI 4
KOMPETENSI INTI KETRAMPILAN

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

C.       Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi
3.1 Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah


Level C 2 : Memahami
Materi :
Cara Berpikir Sejarah
·       Cara berpikir kronologis dalam mempelajari sejarah
·       Cara berpikir diakronik dalam mempelajari sejarah
·       Cara berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah

3.1.1 C1 : siswa dapat menyebutkan konsep-konsep berpikir sejarah
3.1.2 C2 : siswa dapat menjelaskan konsep-konsep berpikir kronologis, diakronik dan sinkronik

4.1   Menyajikan hasil penerapan  konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain

Siswa membuat laporan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang penerapan  konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain

D.     Materi Ajar (Fakta, Konsep, Prosedur, Metakognitif)

1.      Materi Fakta

                                 
                                  



Candi Borobudur                       Peristiwa proklamasi

2.      Materi Konsep
Cara Berpikir Sejarah
·       Cara berpikir kronologis dalam mempelajari sejarah
·       Cara berpikir diakronik dalam mempelajari sejarah
·       Cara berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah
 (Uraian lengkap materi bahan ajar disimpan pada LAMPIRAN 1 RPP)
3.      Materi Prosedural


Sejarah
                       Dipelajari          Konsep berpikir Sinkronk
                        Melalui             Konsep berpikir Diakronik

E.       PROSES / KEGIATAN PEMBELAJARAN

        Model                               : Discovery Learning
        Pendekatan                       : Saintifik (Scientific)
        Metode Pembelajaran       : tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.              Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, menyiapkan buku pelajaran;
b.             Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks deskripsi tentang tempat wisata dalam kehidupan sehari-hari, seperti brosur promosi wisata sehingga dapat memilih tempat libur yang diinginkan;
c.              Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk me-reviewmateri sebelumnya;
d.             Mengajukan pertanyaan tentang gambar tempat wisata yang ditayangkan terkait materi yang akan dipelajari;
e.              Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan cakupan materi dan menjelaskan uraian kegiatan sesuai RPP.
f.              Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil.
Kegiatan Inti ( 75 menit)
a.       Stimulation (memberi stimulus);
·         Guru memberikan stimulan, untuk diamati peserta didik agar mendapat pengalaman belajar mengamati pengetahuan konseptual melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar.
·         Guru menayangkan video tentang peristiwa pembacaan teks Proklamasi oleh Soekarno.
b.      Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
·         Merupakan kegiatan peserta didik dalam menemukan permasalahan apa saja yang dihadapi, sehingga pada kegiatan ini peserta didik diberikan pengalaman untuk menanya, mencari informasi, dan merumuskan masalah.
·         Berdasarkan video yang ditayangkan,  kelompok diskusi  kemudian mengidentifikasi masalah  mengenai, kelompok I dan IV  ( Cara berpikir Kronologis ), kelompok II dan V ( Cara berpikir Diakronik), kelompok III dan VI ( Cara berpikir Sinkronik).
c.       Data Collecting (mengumpulkan data);
·         Mencari dan mengumpulkan data/informasi yang dapat digunakan untuk menemukan solusi pemecahan masalah yang dihadapi. Kegiatan ini juga akan melatih ketelitian, akurasi, dan kejujuran, serta membiasakan peserta didik untuk mencari atau merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah, jika satu alternatif mengalami kegagalan.
d.      Data Processing (mengolah data);
·         Peserta didik mencoba dan mengeksplorasi kemampuan pengetahuan konseptualnya untuk diaplikasikan pada kehidupan nyata, sehingga kegiatan ini juga akan melatih keterampilan berfikir logis dan aplikatif.
·         Dimana dalam proses ini kelompok diskusi telah mampu mengaitkan permasalahan antara video yang telah ditayangkan dengan materi diskusi kelompoknya.
e.       Verification (memverifikasi);
·         Peserta didik mengecek kebenaran atau keabsahan hasil pengolahan data melalui berbagai kegiatan, atau mencari sumber yang relevan baik dari buku atau media, serta mengasosiasikannya sehingga menjadi suatu kesimpulan dari materi diskusi kelompoknya.
f.       Generalization (menyimpulkan);
·         Peserta didik digiring untuk menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada suatu kejadian atau permasalahan yang serupa, sehingga kegiatan ini juga dapat melatih pengetahuan metakognisi peserta didik.
·         Kelompok diskusi secara bergantian mempresentasikan hasil diskusinya, saat kelompok I presentasi, kelompok IV dapat menanggapi, kelompok II presentasi maka kelompok V menanggapi, kelompok III presentasi maka kelompok VII menanggapi, begitu juga sebaliknya.

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
1.   Guru bersama siswa  membuat kesimpulan
2.   Guru bertanya kepada siswa terkait materi yang sudah dipelajari (Evaluasi)
3.   Guru meminta masukan siswa mengenai proses pembelajaran yang sudah dilakukan pada hari itu (Refleksi)
4.   Guru memberikan Tugas Pelengkap atau Tugas Pengembangan dan mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya






Pertemuan Kedua
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
g.              Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, menyiapkan buku pelajaran;
h.             Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks deskripsi tentang tempat wisata dalam kehidupan sehari-hari, seperti brosur promosi wisata sehingga dapat memilih tempat libur yang diinginkan;
i.               Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk me-reviewmateri sebelumnya;
j.               Mengajukan pertanyaan tentang gambar tempat wisata yang ditayangkan terkait materi yang akan dipelajari;
k.             Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, menyampaikan cakupan materi dan menjelaskan uraian kegiatan sesuai RPP.
l.               Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil.
Kegiatan Inti ( 75 menit)
g.       Stimulation (memberi stimulus);
·         Guru memberikan stimulan, untuk diamati peserta didik agar mendapat pengalaman belajar mengamati pengetahuan konseptual melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar..
h.      Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
·         Merupakan kegiatan peserta didik dalam menemukan permasalahan apa saja yang dihadapi, sehingga pada kegiatan ini peserta didik diberikan pengalaman untuk menanya, mencari informasi, dan merumuskan masalah.
·         Siswa melanjutkan diskusi,  kelompok diskusi  kemudian mengidentifikasi masalah  mengenai, kelompok I dan IV  ( Cara berpikir Kronologis ), kelompok II dan V ( Cara berpikir Diakronik), kelompok III dan VI ( Cara berpikir Sinkronik).
i.        Data Collecting (mengumpulkan data);
·         Mencari dan mengumpulkan data/informasi yang dapat digunakan untuk menemukan solusi pemecahan masalah yang dihadapi. Kegiatan ini juga akan melatih ketelitian, akurasi, dan kejujuran, serta membiasakan peserta didik untuk mencari atau merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah, jika satu alternatif mengalami kegagalan.
j.        Data Processing (mengolah data);
·         Peserta didik mencoba dan mengeksplorasi kemampuan pengetahuan konseptualnya untuk diaplikasikan pada kehidupan nyata, sehingga kegiatan ini juga akan melatih keterampilan berfikir logis dan aplikatif.
·         Dimana dalam proses ini kelompok diskusi telah mampu mengaitkan permasalahan antara video yang telah ditayangkan dengan materi diskusi kelompoknya.
k.      Verification (memverifikasi);
·         Peserta didik mengecek kebenaran atau keabsahan hasil pengolahan data melalui berbagai kegiatan, atau mencari sumber yang relevan baik dari buku atau media, serta mengasosiasikannya sehingga menjadi suatu kesimpulan dari materi diskusi kelompoknya.
l.        Generalization (menyimpulkan);
·         Peserta didik digiring untuk menggeneralisasikan hasil kesimpulannya pada suatu kejadian atau permasalahan yang serupa, sehingga kegiatan ini juga dapat melatih pengetahuan metakognisi peserta didik.
·         Kelompok diskusi secara bergantian mempresentasikan hasil diskusinya, saat kelompok III presentasi maka kelompok VII menanggapi, begitu juga sebaliknya.

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
5.   Guru bersama siswa  membuat kesimpulan
6.   Guru bertanya kepada siswa terkait materi yang sudah dipelajari (Evaluasi)
7.   Guru meminta masukan siswa mengenai proses pembelajaran yang sudah dilakukan pada hari itu (Refleksi)
8.   Guru memberikan Tugas Pelengkap atau Tugas Pengembangan dan mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya


F. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. TEKNIK PENILAIAN
·         Penilaian sikap
Ø  Observasi

·         Penilaian pengetahuan
Ø  Tertulis
o   Uraian
Ø  Observasi
·         Penilaian keterampilan
Ø  Portofolio
Ø  Proyek

(INSTRUMEN PENILAIAN TERLAMPIR)


G. Media/alat, Bahan, dan Sumber belajar
 1. Media /Alat            : LCD, Laptop
 2. Bahan                     : 1.Mutiara Shifa fauziah dkk, Sejarah Peminatan Ilmu-ilmu Sosial kelas XII, 2015.Intan Pariwara. Hal 213-225
                                      2.  Indah Sawitri dkk. Sejarah Untuk SMA/MA XII Peminatan IPS. Mediatama.
                                         2014 . hal 233-240
                                      3. M. Habib Mustopo.Sejarah Untuk SMA 3 Program IPA.Yudhistira.2007. hal 16-18
                         4.  Muhamad Taupan dkk. Sejarah Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa Untuk SMA/MA Program IPA kelas XII.Sewu.2012. hal 16-18
                                      
3.Sumber   belajar      :  1.  Mutiara Shifa fauziah dkk, Sejarah Peminatan Ilmu-ilmu Sosial kelas XII, 2015.Intan Pariwara.
                                       2. Indah Sawitri dkk. Sejarah Untuk SMA/MA XII Peminatan IPS. Mediatama. 2014
                                       3. M. Habib Mustopo.Sejarah Untuk SMA 3 Program IPA.Yudhistira.2007
                                       4. Muhamad Taupan dkk. Sejarah Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa Untuk SMA/MA Program IPA kelas XII.Sewu.2012.
                                       5.M C Ricklefs. Sejarah Indonesia Modern 1200-2004.Serambi. 2005
                                     


                                                                                   
Mengetahui                                                                  Bandar Lampung,   Juli 2017
Kepala SMA N 14 Bandar Lampung                           Guru Mapel Sejarah
                                           
                                           
                                                   

TRI WINARSIH, S.Pd., M.Pd                                      ANGGUN PUSPAWATI, S.Pd
NIP. 19690905 199703 2 004                                    



LAMPIRAN PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN


1. TEKNIK PENILAIAN
·         Penilaian sikap
Ø  Observasi

·         Penilaian pengetahuan
Ø  Tertulis
o   Uraian
Ø  Observasi
·         Penilaian keterampilan
Ø  Portofolio
Ø  Proyek


2. INSTRUMEN PENILAIAN
Observasi
Jurnal
No
Waktu
Nama siswa
Kejadian/perilaku
Butir sikap
Pos/neg
Tindak lanjut



































 Butir sikap yang diamati
1.         Tanggung jawab
2.         Disiplin
3.         Jujur
4.         Gotong royong/kerjasama
5.         Percaya diri  

Penilaian pengetahuan
1.    Observasi dalam diskusi kelompok
Nama siswa
Pernyataan

Pengungkapan gagasan yang orisinal
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Kemampuan berpikir ttg peristiwa sejarah
Jumlah

Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak

































Keterangan : kolom ya/tidak diisi dengan ceklis (V)














2.    Tertulis (uraian)
Kisi-kisi  soal
IPK
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
No soal
3.1.1 Mendefinisikan cara berpikir kronologis, diakronik dan sinkronik ruang, dan waktu dalam sejarah
3.1.2 Menerapkan cara berpikir kronologis, diakronik dan sinkronik ruang, dan waktu dalam sejarah


Cara Berpikir Sejarah
·       Cara berpikir kronologis dalam mempelajari sejarah
·       Cara berpikir diakronik dalam mempelajari sejarah

·     Cara berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah


-       Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kronologik dalam mempelajari sejarah


-       Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sinkronik dalam mempelajari sejarah

-       Peserta didik dapat menjelaskan pengertian diakronik dalam mempelajari sejarah





tertulis




tertulis




Tertulis










Essai




Essai




Essai








1, 




2




3













Soal uraian
1.       Apa yang kamu ketahui tentang konsep berpikir kronologik dalam mempelajari sejarah?
2.       Apa yang kamu ketahui tentang konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah?
3.       Apa yang kamu ketahui tentang konsep berpikir diakronik dalam mempelajari sejarah?
4.       Apakah perbedaan konsep berpikir  sinkronik, diakronik dan kronologik dalam mempelajari sejarah?
5.       Buatlah contoh cara berpikir sinkronik dan diakronik dalam mempelajari sejarah?
Kunci jawaban dan pedoman penskoran
1.      Konsep berpikir kronologik dalam mempelajari sejarah maksudnya bahwa dalam mempelajari sejarah harus memperhatikan urutan waktu terjadinya peristiwa sejarah.
2.      Konsep berpikir sinkronik maksudnya memandang kehidupan masyarakat sebagai sebuah sistem yang terstruktur dan saling berkaitan antara satu unit dengan unit yang lainnya.
3.      Konsep berpikir diakronis memandang masyarakat sebagai sesuatu yang terus bergerak dan memiliki hubungan kausalitas atau sebab akibat.
4.      Perbedaan konsep sinkronis dan diakronis
No
Sinkronik
Diakronik
1.
Meluas, dimensi ruang
Memanjang, dimensi waktu
2.
Sistem terstruktur
Terus bergerak, hubungan kausalitas
3.
Deskripsi integratif
Naratif, berproses, dan bertransformasi
4.
Statis
Dinamis
5.
Menekankan pada struktur dan fungsi
Menekankan pada proses dan durasi
6.
Digunakan dalam ilmu geografi, sosiologi, politik, ekonomi, antropologi, dan arkeologi
Digunakan dalam ilmu sejarah
5.      Cara berpikir sinkronik contohnya adalah ketika kita mempelajari tentang terjadinya sebuah perang maka kita akan mempelajari sebab- sebab, tokoh yang terlibat, dimana terjadinya dan kapan terjadinya, sedangkan contoh cara berpikir diakronik adalah mengurutkan tahun terjadinya suatu peristiwa sejarah misalnya peristiwa sekitar proklamasi

Nilai  = x 100

Penilaian keterampilan
1.      Portofolio
Mata pelajaran                    : Sejarah 4
Alokasi waktu                     : 1 minggu
Sampel yang dikumpulkan : Laporan 
Nama peserta didik              :……….
No
Kompetensi dasar/materi
Periode
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
Kebenar
an konsep
Keleng
kapan materi
Sistema
tika penulis
an
1
Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah








2
Dstnya







Keterangan : didisi dengan angka
1.       Kurang    2. Cukup       3. Baik     4. Sangat baik



Indikator kebenaran konsep
1.    Jika konsep yang disampaikan tidak sesuai dengan judul
2.   Jika konsep yag disampaikan sesuai dengan judul tetapi hanya sebagian
3.   Jika konsep yang disampaikan sebagian besar sesuai dengan judul
4.   Jika konsep yang disampaikan seluruhnya sesuai dengan judul


Indikator kelengkapan materi
1.   Jika laporan yang disampaikan tidak lengkap
2.    Jika laporan yang disampaikan cukup lengkap
3.    Jika laporan yang disampaikan lengkap
4.       Jika laporan yang disampaikan sangat lengkap
Indikator sistimatika penulisan
1.         Jika sistimatika penulisan salah
2.         Jika sistimatika penulisan benar tetapi tidak berurutan
3.         Jika sistimatika penulisan benar tetapi ukuran huruf tidak sesuai
4.         Jika sistimatika penulisan dan ukuran huruf sesuai dengan ketentuan

2.     Proyek
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/semester         : X/1
T P                             : 2016-2017
Kompetensi Dasar : 4.1. Menyajikan hasil penerapan  konsep berpikir kronologis, diakronik,     sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain

     Indikator soal         :
-          Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kronologik dalam mempelajari sejarah
-          Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sinkronik dalam mempelajari sejarah
-          Peserta didik dapat menjelaskan pengertian diakronik dalam mempelajari sejarah

     Rumusan tugas proyek :
Apa yang kamu ketahui tentang konsep berpikir kronologik dalam mempelajari sejarah?
Apa yang kamu ketahui tentang konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah?
Apa yang kamu ketahui tantang konsep berpikir diakronik dalam mempelajari sejarah?
Apakah perbedaan konsep berpikir  sinkronik, diakronik dan kronologik dalam mempelajari sejarah?
Buatlah contoh cara berpikir sinkronik dan diakronik dalam mempelajari sejarah?

Rubrik penilaian proyek
 
No

Aspek
Skor
maksimal
1
Perencanaan
Latar belakang masalah ( tepat =3, kurang tepat=2, tidak tepat=1)
Rumusan Masalah (tepat =3, kurang tepat=2, tidak tepat=1)
6
2
Pelaksanaan
a.       Pengumpulan data/informasi (akurat=3, kurang akurat=2,tidak akurat =1)
b.      Kelengkapan data (lengkap=3, kurang lengkap=2, tidak lengkap=1)
c.       Pengolahan dan analisis data ( sesuai= 3, kurang sesuai=2, tidak sesuai =1)
d.      Kesimpulan (tepat=1, kurang tepat=2, tidak tepat=1)
12
3
Pelaporan hasil
a.       Sistematika laporan (baik =3, kurang baik=2, tidak baik =1)
b.      Penggunaan bahasa (sesuai kaidah =3, kurang sesusi =2, tidak sesuai =1)
c.       Penulisan/ejaan (tepat=3, kurang tepat=2, tidak tepat=1
d.      Tampilan (menarik=3, kurang menarik=2, tidak menarik=1)
12
Skor maksimal
30


Format penilaian proyek
Nama                      :………………………………..
Kelas /semester      :………………………………..
Judul                      :……………………………….
No

Aspek
Skor
maksimal
1
Perencanaan
a. Latar belakang masalah
b.   Rumusan Masalah

2
Pelaksanaan
a.    Pengumpulan data/informasi
b.   Kelengkapan data
c.    Pengolahan dan analisis data
d.   Kesimpulan

3
Pelaporan hasil
a.    Sistematika laporan
b.   Penggunaan bahasa
c.    Penulisan/ejaan
d.   Tampilan

Skor maksimal


Nilai  = x 100



G.Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Pembelajaran Remedial
Hari/tgl
Materi
Strategi
Jumlah soal
Bentuk soal

Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah        
Ulangan ulang
Sejumlah soal yang belum dikuasai oleh siswa

Uraian

1.      Pengayaan
Hari/tgl
Materi
Bentuk pengayaan /tagihan
Strategi pengayaan
Tempat
Peni
laian
            
Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah        
 Diberikan pertanyaan mengenai konsep berpikir sinkronis yang dkaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
Bela
jar kelom
pok
Ruang perpustakaan
Diper
hitungkan dalam KD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar