Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP N 00 Bandar Lampung
Kelas
/ Semester : VII / I
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Tema
/ Topik : Pulau Mentawai
Pertemuan
Ke : 1
A.
KOMPETENSI
INTI :
KI.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaan.
KI.
3 Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.
4 Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR :
KD
1.2. Menghargai ajaran agama dalam berpikir dan berprilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat.
KD 2.3. Menunjukan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi manusia dengan
lingkungan dan teman sebayanya.
KD
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
KD
3.2. Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu-Budha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan
dan politik.
KD
3.3. Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan poluitik
dalam masyarakat.
KD
4.3 Mengopservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar.
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
1. Memahami
Sejarah Mentawai
2. Menjelaskan adat-istiadat
Masyarakat Mentawai
3. Menjelaskan Kehidupan
Sosial masyarakat mentawai
4. Menjelaskan
mata pencaharian masyarakat mentawai
5. Menjelaskan
potensi alam mayarakat mentawai
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1. Siswa
dapat memahami Sejarah Mentawai
2. Siswa
mampu Menjelaskan adat-istiadat Masyarakat
Mentawai
3. Siswa
mampu menjelaskan Kehidupan Sosial masyarakat mentawai
4. Siswa
mampu menjelaskan mata
pencaharian masyarakat mentawai
5. Siswa
mampu menjelaskan potensi alam mayarakat mentawai
E.
MATERI
AJAR :
1.
Sejarah Mentawai
2. Adat-Istiadat Masyarakat Mentawai
3. Kehidupan Sosial masyarakat mentawai
4. Mata pencaharian masyarakat mentawai
5. Potensi alam mayarakat mentawai
F.
ALOKASI
WAKTU 1
X 35
MENIT
G.
PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN :
1. Pendekatan :
Scientific
2. Metode : Kooperatif Learning
3. Permainan edukasi :
Teka Teki Silang
H.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
Komputer/laptop,LCD, power Point,
Internet
2. Sumber
Belajar
LKS, buku siswa, soal-soal latihan,
makalah buku guru
I.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Kegiatan
|
Langkah-langkah kooperatif Learning (
diskusi kelompok)
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (stimulasi)
|
Pertemuan
Ke-1 (1 x 35 menit)
-
Persiapan psikis dan fisik dengan
membuka pelajaran, dengan mengucapkan salam dan berdo’a bersama (menghayati
ajaran agama)
-
guru mengingatkan kembali pembahasan
sebelumnya dengan menanyakan tentang letak
astronomis indonesia
*Ibu
punya gambar coba perhatikan
Peta Indonesia
*Menunjukan Peta Pulau Mentawai
*coba
perhatikan ibu punya gambar lagi
Gambar
tentang 4 Pulau Besar yang ada di mentawai
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
dan manfaatnya
|
5menit
|
Kegiatan
inti
|
Orientasi
siswa pada masalah
|
·
Siswa mengamati dua gambar yang
ditayangkan oleh guru tentang kepulauan
mentawai.
·
Siswa diminta memberikan tanggapan dan
pendapat terhadap masalah tersebut
|
25 menit
|
Mengorganisasi
siswa dalam belajar
|
·
Siswa membentuk kelompok belajar
sesuai arahan guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik, gender.
|
||
Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok
|
·
Siswa berdiskusi dalam kelompok
.
·
Guru memfasilitasi dan membimbing
kelompok belajar berdiskusi.
|
||
Mengembangakan
dan menyajikan hasil karya
|
·
Siswa menyajikan hasil temuan,
penarikan kesimpulan di depan kelas ( diskusi kelas)
·
Guru memberikan permainan
edukasi yang bernama teka teki silang
·
Kelompok siswa yang berhasil
memecahkan permasalahan diberi penghargaan / tepuk
tangan
|
||
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
·
Siswa dibimbing guru melakukan
analisis terhadap hasil diskusi siswa
·
Guru melakukan evaluasi hasil belajar
mengenai materi yang telah dipelajari siswa
|
||
Penutup
|
|
-
Siswa dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran
-
Guru memberikan motivasi agas siswa dapat termotivasi dan semangat dalam belajar
-
Pemberian tugas untuk mempelajari
tentang tentang Pulau Mentawai
|
5 menit
|
J.
PENILAIAN
1.
Metode
dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar Pengamatan
Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian
|
2.
Bentuk
Instrumen
Lembar
Pengamatan Sikap
Aspek
merespon siswa pada kegiatan diskusi kelompok
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
|||||||||
Mengajukan
Pertanyaan
|
Menjawab
pertanyaan
|
Mengemukakan
gagasan sesuai
topik
yang dibahas
|
Menanggapi gagasan
dengan
sikap yang santun
|
Memberi
Solusi
|
|||||||
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
....
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN
:
Nilai =
100
Kurang ( K) nilai
antara 0-59
Cukup (C) nilai antara
60-74
Baik (B) nilai antara
75-89
Sangat baik (Sb) nilai
antara 99-100
Rubrik
Penilaian Perilaku
NO
|
Aspek
yang dinilai
|
Rublik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
1.Menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2.Menunjukkan rasa ingin tahu, namun
tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
3.Tidak
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian
|
1.Mengamati
gambar tanyangan, dengan teliti memasukkan data pengamatan
2.Mengamati gambar tayangan, kurang
teliti memasukkan data pengamatan
3.Mengamati
gambar tayangan, tidak teliti memasukkan data pengamatan
|
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
1.Tekun
dalm menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya
tepat waktu
2.Berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3.Tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
1.Aktif
dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide menghargai pendapat
siswa lain
2.Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
3.Aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain
|
K.
INSTRUMEN
SOAL PENGETAHUAN
Soal Pilihan ganda
1. Berikut
ini fungsi kerei dalah kehidupan masyarakat mentawai ialah, kecuali . . . .
a. Mengobati
orang sakit c.
Pemimpin dalam upacara adat
b. Ketua
Adat d.
pemimpin dalam pemerintah
2. Perhatikan
pernyataan dibawah ini
1. Arat
merupakan warisan suci masyarakat mentawai
2. Arat
ialah norma kehidupan masyarakat mentawai
3. Mentaati
arat berarti merelakan diri dibimbing oleh tradisi
4. Arat
ialah dewa yang menguasai hutan dan pohon
Pernyataan
yang salah ditunjukan oleh nomor . . . .
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
3. Dalam
kepercayaan arat sabulungan, masyarakat mempercayai ada 4 dewa. Dibawah ini
yang bukan merupakan nama
dewa dalam kepercayaaan sabulungan ialah . . . .
a. Tai
Leubagat c.
Tai Kamanua
b. Tai
Sabulungan d.
Tai Kalelui
4. 1.
Katolik 3. Islam
2. Protestan
4. Bahai
Dari
4 agama di atas, yang merupakan agama mayoritas dipulau mentawai yakni nomor .
. . .
a. 1 c. 3
b. 2
d. 4
5. “mengajarkan
keseimbangan antara alam dan manusia dan setiap acara ritualnya selalu
menggunakan daun sebagai penghubung manusia dan tuhan” merupakan norma/ajaran
dari kepercayaan . . . .
a. Ulau
manua c.
Bahai
b. Arat d.
Arat Sabulungan
6. Perhatikan
pernyataan dibawah ini!
1. Kerei
dapat berkomunikasi dengan roh halus
2. Kerei
merupakan pemimpin upacara adat
3. Kerei
dapat menyembuhkan orang sakit
4. Kerei
dapam melihat dewa
Pernyataan
yang salah ditunjukan oleh nomor . . . .
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
7. Pulau
mentawai terdiri dari 4 pulau besar, yakni . . . .
a. Siberut,
Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Barat
b. Siberut,
Maringgai, Pagai Utara, dan Pagai Selatan
c. Siberut,
Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan
d. Maringgai,
Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Barat
8. Nama
Dewa yang memberikan penyakit pada setiap pelaku pembakaran hutan . . . .
a. Tai
Kamanua c.
Tai Leubagat
b. Tai
Sabulungan d.
Tai Kalelui
9. Dibawah
ini yang bukan merupakan alat berladang dalam masyarakat mentawai ialah . . .
a. Suki c.
tegle
b. Gergaji d.
Kampak
10. Uma
merupakan rumah besar tradisional masyarakat mentawai, seluruh makanan hasil
hutan dan pekerjaan dibagi dalam sebuah uma. Namun dimasa penyesuaian peradaban
fungsi uma sudah tidak dilestarikan lagi, kemudian uma digalakan lagi di era .
. .
a. Orde
lama c.
reformasi
b. Orde
baru d.
gotong royong
11. Dibawah
ini yang cara yang digunakan untuk menemukan pelaku kejahatan mentawai kecuali
. . .
a. Bekeu
malekbuk c. ulau
Manua
b. Tippu
sasa d.
Tolou paboko
12. Yang
bukan merupakan kepercayaan dalam arat sabulungan ialah kecuali. . .
a. Keseimbangan
manusia dan alam
b. Hutan
tempat persemayaman dewa
c. Hujan
menggambarkan kemarahan dewa Tai kalelui
d. Merusak
alam dan berburu secara liar dapat mendatangkan bencana
13. 1.
Pariwisata 3. Pertanian
2. perikanan 4. Pertambangan
Potensi alam yang
dimiliki mentawai ditunjukan oleh nomor, kecuali. . .
a. 1
dan 2 c. 3 dan 4
b. 2
dan 3 d. 1 dan 3
14. Penyesuaian
peradaban bagi masyarakat mentawai di mulai pada . . .
a. Tahun
1700 c. Tahun 1954
b. Era
kemerdekaan d. jepang
15. dalam masyarakat Mentawai
menjatuhkan tuduhan terhadap seseorang harus dilakukan secara hati-hati, karena
kalau tidak disertai dengan bukti-bukti yang kuat atau malahan tuduhan palsu,
maka akan berbalik kepadanya dimana penuduh akhirnya akan membayar . . .
a. Bekeu
malekbuk c. ulau
Manua
b. Tippu
sasa d.
Tolou paboko
Soal
Uraian/ ESSAY
1. Sebutkan
3 dewa yang sangat dihormati dalam kepercayaan arat sabulungan?
2. Dalam
masyarakat mentawai struktur sosial nya bersifat egalitarian, jelaskan apa yang
dimaksud dengan egalitarian!
3. Jelaskan
3 cara masyarakat mentawai menemukan pelaku kejahatan dalam masyarakat!
4. Berikan
contoh bahwa masyarakat mentawai menjaga hutan dengan baik!
5. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan arat sabulungan
Mengetahui,
Kepala SMP N 00 Bandar
Lampung
Nama Kepsek
NIP.
|
|
Bandar Lampung, Maret
2016
Guru Mata Pelajaran,
Anggun Puspawati
NUPTK/NIP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar